Cara Mempengaruhi Orang Lain

Jiwa manusia susah untuk dapat dimengerti dengan pasti. Hal ini juga hampir mirip dengan imajinatif. Pikiran dan perilaku kita tidak dapat berkembang dengan sendirinya. Ini adalah hasil dari kondisi yang kita lalui dalam kehidupan kita sehari-hari. Sama halnya dengan seorang anak yang belajar dari orangtuanya.

Konsekuensi yang bisa didapatkan dari pengalaman ini adalah adanya kekuatan pengaruh. Pengaruh dapat membentuk pikiran, kepercayaan, hingga sampai pada perilaku kita. Kebanyakan dari pengaruh ini terbentuk melalui komunikasi dan pengamatan. Perusahaan periklanan dan pemasaran memakai trik tersebut setiap saat untuk dapat mempengaruhi calon pelanggan mereka untuk memasarkan produknya. Berbagai macam trik semacam ini sebenarnya juga dipakai dalam kehidupan sehari-hari, entah itu siapa, dan sadar atau tidak bahwa sesuatu dapat mempengaruhi atau meyakinkan orang di sekitar. Berikut beragam cara untuk mempengaruhi orang lain dengan sederhana.

mempengaruhi orang lain

Bagaimana cara mempengaruhi orang lain

Ekspresi
Kata minta tolong menjadi kata-kata yang bersifat persuasi. Anda tentu dapat mengingat berdasarkan pengalaman anda sewaktu anda meminta tolong pada seseorang. Anda dapat meyakinkan orang lain dengan wajah tersenyum, memelas, atau meratap untuk meminta tolong. Sejak dari kecil, kita dikondisikan dengan cara ini. Sedangkan manusia juga telah terbiasa bereaksi terhadap gerakan atau bahasa tubuh dengan cara tertentu. Bahkan manusia juga cenderung lebih terbuka terhadap permintaan dengan etika yang baik agar permintaan menjadi bahan pertimbangan.

Nama
Banyak pula orang yang menyukai mengetahui jika nama mereka dikenal oleh kebanyakan orang.  Ini membuat orang tersebut menjadi sebuah sorotan untuk anda dan memberikan kesan seolah anda telah mengenalnya. Dengan mengenal sebagai teman akan membuat lebih cepat proses dari kenalan menjadi teman, jemudian menjadi teman dekat atau mungkin sahabat. Sebagai contoh, media yang mengulas tentang profil dan kehidupan seseorang.

Mendengarkan
Ini menjadi bagian terpenting dari ilmu komunikasi, meski banyak orang sering mengabaikan. Jika seseorang berbicara kemudian anda mendengarkan dan memperhatikannya, kemungkinan besar dia akan menjadi senang karena merasa diperhatikan. Bahkan jika setelah orang tersebut selesai berbicara, kemudian anda membalasnya dengan selaras, ini bukti bahwa anda memang mendegarkan apa yang tadinya disampaikan.

Pemberian
Manusia cenderung merasa berhutang budi ketika mereka menerima sesuatu. Jika seseorang tidak mengharapkan sesuatu akan datang, maka orang itu cenderung menjadi terpengaruh dan merasa terkejut. Setelah orang itu menerima, maka ada kemungkinan juga akan membalasnya, dan di saat inilah anda dapat memasukkan apa yang menjadi keinginan anda.

Mengulangi pembicaraan
Mengulang apa yang dikatakan orang lain dan menyalinnya sering kali membuat hubungan yang lebih menyenangkan antara anda dan orang tersebut. Mengulang kata-katanya menyebabkan dia yakin bahwa dia sedang diperhatikan. Cara ini sering dipakai oleh para terapis dan psikolog untuk membuat pasien mereka merasa jadi nyaman. Metode ini dapat membantu anda menciptakan koneksi dengan lawan bicara agar mereka menjadi lebih sensitif terhadap apa yang anda inginkan.

Komitmen
banyak orang cenderung untuk mengikuti komitmen yang dibuat. Hal ini dapat dipakai sebagai alat yang mujarab untuk persuasif. Sulit bagi orang untuk melanggar komitmen setelah dibuat. Oleh sebab itu, buatlah komitmen menjadi sesuatu yang nampak nyata dan menarik bagi orang tersebut. Setelah mereka benar-benar telah masuk, secara pelan anda dapat mulai meningkatkan permintaan sesuai yang anda harapkan.

Mengangguk
Cara ini menjadi trik yang telah umum untuk dipakai meski anda sendiri tidak pernah menyadarinya. Ketika seseorang berbicara dan anda merasa setuju, maka mungkin saja anda akan mengangguk tanda setuju. Ini menjadi isyarat visual yang efisien bagi mereka yang menginginkan opini anda. Pada akhirnya mereka juga akan membuat hal yang sama ketika anda sedang berbicara. Mengangguk tanda setuju, selanjutnya terserah anda.

Memuji
Cara ini juga menjadi salah satu metode tertua, akan tetapi terkadang masih nampak efektif. Sebuah pujian yang mengesankan akan selalu bekerja sesuai dengan yang anda ingin. Hal ini akan menghilangkan penilaian tak terduga pada diri anda. Ini akan menjadikan anda menjadi lebih terlihat baik di hadapan orang lain. Meski anda juga harus mengutamakan kejujuran. Pujian yang dibuat-buat hanya akan terkesan menjilat.

Nah, sekarang anda telah sedikit mengetahui bagaimana tajamnya pengaruh dapat berperan besar untuk memanipulasi emosi seseorang. Anda dapat memakai cara-cara ini untuk mendapatkan apa yang anda inginkan untuk tujuan positif. Sebagai akhir, hati-hatilah juga jika ternyata diri anda menjadi korban orang lain.