Alasan Perempuan Lebih Cepat Dewasa Daripada Laki-laki

Banyak orang mengatakan bahwa perempuan lebih cepat dewasa daripada laki-laki, benarkah pemikiran ini? Apakah ini hanya sebatas dari pemikiran yang telah sering ditanamkan dalam masyarakat?  Banyak survey yang menyatakan bahwa ini memanglah nyata. Seringkali perempuan menjadi dewasa lebih cepat daripada laki-laki. Apa alasannya?

perempuan leih cepat dewasa

Perempuan lebih cepat matang

Perempuan mempunyai pola perilaku yang lebih matang daripada laki-laki yang seumuran dengan mereka. Banyak alasan yang dapat dijelaskan secara ilmiah, antara lain di bawah ini:

  • Anak perempuan mendapatkan masa pubertas lebih cepat dibandingkan pada anak laki-laki, yang dapat selisih paling tidak 3 tahun. Mulai detik itu, seorang gadis menjadi mulai berkembang dan bahkan telah dapat memiliki bayi. Tingginya hormon membuat perempuan untuk berkembang lebih cepat.
  • Pubertas awal pada anak perempuan menjadi faktor penting mengapa perempuan lebih cepat dewasa daripada anak laki. Pada pubertas, tubuh akan mengalami bermacam perubahan, selain itu akan ada juga perubahan secara psikologis dan emosional yang akan dialami oleh perempuan. Kondisi ini juga berlaku pada perkembangan otak seorang perempuan, bahkan hingga pada kematangan sosial secara bertahap.
  • Banyak orang menganggap bahwa seseorang yang telah pubertas adalah orang yang telah memasuki masa dewasa. Hal ini menjadi perspektif yang berkembang dalam masyarakat, dengan pubertas sebagai bentuk dari salah satu proses menuju dewasa.
  • Seringkali yang terjadi terutama di masa lalu, antara anak lelaki lebih sering mendapatkan hak yang lebih, kedudukan yang lebih tinggi, atau diistimewakan. Ini akan membawa perempuan untuk lebih dapat membuktikan diri mereka di masyarakat dan menjadi lebih sadar secara fisik, sosial, fisik, dan spiritual daripada laki-laki kebanyakan yang seumuran dengan mereka.
  • Penemuan ilmiah juga membuktikan bahwa perkembangan struktur otak perempuan lebih cepat berkembang daripada laki-laki. Hal ini dapat menjadi hal mengapa perempuan berkembang lebih cepat. Struktur otak anak perempuan mempunyai konektor saraf lebih banyak dari otak limbik ke korteks prefrontal. Bagian ini berfungsi sebagai cara analisis, cara berpikir, motivasi, pengalaman, belajar, dsb. Oleh sebab itu, perempuan dapat dikatakan lebih peka dibandingkan laki-laki.
  • Anak perempuan cenderung lebih mampu menangani hal-hal tertentu karena mempunyai pengertian dan perspektif yang tidak sama, yang dapat membuat mereka menjadi dewasa lebih cepat. Bahkan jika kita lihat, hampir semua pekerjaan kaum pria dapat dikerjakan oleh wanita, sedangkan pekerjaan kaum wanita lebih susah jika dikerjakan oleh pria. Ini yang membuat wanita menjadi makhluk serba bisa, yang mempunyai kemampuan lebih tinggi dari pria.
  • Perempuan lebih mudah untuk mengembangkan rasa keterikatan yang lebih dalam dan pemahaman yang lebih baik dalam hidupnya, termasuk hubungan asmara.

Di atas adalah beberapa alasan dan fakta ilmiah yang telah dikaji oleh banyak orang. Arti dari kedewasaan mungkin akan berbeda untuk anak perempuan dan anak laki-laki. Pada kebanyakan orang, kualitas etika, rasa sensitif, dan sosial pada seorang perempuan akan membawa kematangan. Sedangkan bagi anak laki, orientasi pada pekerjaan dan semacamnya dapat menjadi dogma untuk dianggap sebagai pria dewasa.

Kedewasaan tidak seutuhnya berdasarkan jenis kelamin. Kedewasaan menyangkut bagaimana orang tersebut lahir dan dibesarkan. Pengaruh keluarga, lingkungan, dan budaya menjadi faktor penting proses kedewasaan seseorang. Seorang anak yang berkembang dan sering dimanjakan dapat saja akan mengalami proses kedewasaan yang lebih lama. Kedewasaan juga bersumber dari seberapa banyak seseorang mengenal kehidupan. Mampu menghadapi masalah menjadikan seseorang secara emosional lebih kuat. Meski begitu, apa yang telah dijelaskan di atas memang benar bahwa perempuan lebih cepat matang daripada laki-laki.